Membuat Mie Basah Mudah

By: greenypink

Sep 08 2011

Category: MieKwetiauPastaNasi

6 Comments

Pernah buat mie sendiri? me too.. ga pernah n ga pernah niat sedikit pun  apalagi ga punya mesin penggilingnya…

Tapi gara-gara udah semangat pengen makan mie bakso, tapi ternyata persediaan mie ga ada samsek, udah habis,  hiks.. Terpaksa deh buat mie sendiri, unbelievable emang.. googling cari resep paling gampang.. ini dia resepnya, aku share yah.. silahkan dicoba ^_^

Bahan-bahan:

125 gram Tepung Terigu

1 butir Telur, ambil kuningnya saja

1/2 sdt Garam

1/2 sdm Minyak

70 ml Air

Cara Membuat:

1. Campur tepung dengan garam, telur dan air, uleni terus sampai adonan merata, berwarna sama dan kalis.

2. Bila menggunakan mesin penggiling, giling adonan beberapa kali sampai ketebalan yang diinginkan dan terakhir giling bentuk mie.
Kalau menggunakan caraku yang ga punya penggiling adonan mienya, cukup adonan digiling sampai tipis dengan rolling pin (kalau ga punya juga nih, pakai botol juga bisa :p) lalu iris halus dengan menggunakan pisau sampai berbentuk mie. Taburi dengan tepung agar mie tidak saling menempel dan lengket. Kalau mau dikeringkan mie cukup dikeringkan dibawah matahari (aku belum pernah coba).

3. Rebus air hingga mendidih, masukkan sedikit minyak lalu rebus mie sampai mie matang. Mie siap dipakai untuk campuran mie bakso ^_^

Menurutku tipikal mie yang aku buat ini paling cocok untuk dibuat mie kuah, rasanya lumayan ko untuk resep simple dan sederhana ini.

About these ads

6 comments on “Membuat Mie Basah Mudah”

  1. Mie ini bisa dipake buat mie ayam ga? Terus kalo dibuat jualan apa bisa tahan di frezer gt? Soalnya ga mungkin saya buat tiap hari, jd sekali buat 5kg gt,simpen di frezer, makasih

    • Hemm belum pernah coba dibekuin di freezer, karena biasanya dibuat secukupnya dan langsung diolah.
      Bisa juga sih buat mie ayam, tapi sebaiknya irisannya lebih tipis lagi, karena kl lebih besar, teksturnya jadi mirip udon.. Coba aja dulu sedikit mba, mudah2an cocok ya :)

  2. sip lah bisa makan mie tiah hari

  3. boleh tau dimana bisa diperoleh mesin pengiling adonan dan bentuk mie ? tq


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: