Hati Ayam Gongso Cabe Hijau

By: greenypink

Jan 15 2010

Category: ayam

2 Comments

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:1600
Shutter:1/14 sec
Camera:COOLPIX S51c

Resep aslinya aku dapat dari mba era..waktu arisan kemarin dia bawa, n ternyata semua orang suka, termasuk suamiku..Hemmm dipikir-pikir selama kami nikah, belum pernah aku masakin jeroan, hee…

Mba e, sesuai interpretasiku aja ni yah…rasa sih perasaan udah ok koq,hehe…

Bahan-bahan yang dipakai neh:

250 gram hati ayam

8 buah cabe hijau besar, nah buat cabe ini ga diulek tapi diiris serong

5 siung Bawang merah besar yah, 3 untuk dihaluskan, 2 diiris halus

4 siung bawang putih, 2 dihaluskan, 2 digeprek n iris halus

2 butir kemiri

½ sdt ketumbar

1 sdt Garam

½ sdm Gula merah

1 cm lengkuas, geprek

3 lembar daun salam

1 sdm kecap manis

Air

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang  merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam dan ½ sdt gula merah.
  2. Cuci bersih hati ayam, campur dengan bumbu halus, kalau kata mba era, diremas biar meresap, diamkan kurleb 15 menit.
  3. Masak hati yang sudah dibaluri bumbu dengan ditambahkan sedikit air, sekitar 5 sdm, masukkan juga lengkuas dan daun salam. Masak sampai hati matang dan potong sesuai selera, kalo kemarin neh, satu hati yang besar aku potong jadi 6 bagian.
  4. Dalam wajan terpisah, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cabai hijau sampai layu, tambahkan sisa gula merah, lalu masukkan hati yang sudah dipotong2 bersama bumbu yang masih terpisah. Tambahkan kecap supaya warna dan rasa jadi manis n cantik. Masak sampai semua tercampur rata. Siap dihidangkan.

Selamat mencoba yah…

Sayur apa yah yang cocok dipadu-padanin sama masakan ini???akhirnya aku mutusin untuk numis jamur sama bawang merah, bawang putih n bawang bombay aja..apalagi ditambah nasi hangat..wah dijamin nafsu makan deh,,

2 comments on “Hati Ayam Gongso Cabe Hijau”

  1. ini masakan khas jawa ya?..rasanya enak..

  2. ga tau juga yah..tapi kl judulnya mah jawa banget..hehe…yang penting abang suka kan, tumben, padahal termasuk manis neh:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: