Tips: food storage dan masak pagi hari

By: greenypink

Jan 25 2010

Category: tips

Leave a comment


Cuma sekedar tips neh buat para wanita karier yang baru belajar masak n masih bingung cara nyiapin masakan dipagi hari.. Hemm emang susah bagi waktu buat kita-kita yang kerja di kantor plus tetep pengen jadi ibu rumah tangga yang baik. .Kuncinya adalah bagi waktu.. Biasanya yang paling susah itu ya itu dia. So, kalo masih mau masak di pagi hari ada beberapa hal yang aku siapin sebelumnya, jadi ga keteteran coz waktunya terbatas banget..tapi kalo udah cape mah yasud ga usah masak beli aja toh…hehe…
1. Sayur
a. Sehabis belanja neh, bungkus sayuran hijau dengan Koran, baru taruh di bagian bawah kulkas (di bagian penyimpan sayur)…fungsi Koran disini untuk tetap menjaga kesegaran dan ketahanan sayuran supaya ga cepet layu.
b. Untuk sayur seperti kentang jangan taruh di kulkas, sedangkan wortel, buncis dan jamur simpan di kulkas yah.
2. Ikan
a. Sebelum dimasukkan ke kulkas, ikan dicuci bersih dahulu karena biasanya ikan berlendir dan setelah dipotong akan banyak darah.
b. Kalau ikan tujuannya digoreng, biasanya aku buat bumbunya, lalu balurkan ke ikan, masukkan wadah/ tempatkan pada Styrofoam, tutup dengan plastic wrap dan masukkan kulkas. Jadi tinggal digoreng disaat dibutuhkan.
c. Bagi-bagi ikan sesuai kebutuhan, ini penting coz kalau sudah masuk freezer terus membeku dan akan dipakai, sebaiknya cukup satu kali untuk dicairkan kembali dan jangan berkali2 keluar masuk freezer.
3. Daging
a. Sama seperti ikan, untuk daging sapi/ayam juga jangan sampai berkali2 masuk freezer, keluarkan cairkan dan gunakan, jadi ada baiknya, bagi-bagi dan bungkus per kebutuhan.
b. Ada baiknya untuk daging, sebaiknya tidak perlu dicuci, tujuannya supaya ga banyak kuman yang masuk ke daging yang berasal dari air pencucinya.

4. Bawang
a. Untuk bawang merah, biasanya kalau ada waktu luang sambil nonton tv, skalian tuh ngupas2in kulit bawang. Nah kalo udah gini kan gampang di saat butuh tinggal dipake aja. Jangan lupa tempatkan dalam wadah dan simpan di kulkas yah.
b. Bawang putih, biasanya aku ga bukain kaya si bawang merah, tapi  trik supaya cepat buka kulitnya adalah dengan di geprek. Yup, geprek aja bawangnya dengan pisau pada saat akan digunakan, cara ini bakal bikin gampang banget misahin kulit luarnya dengan bagian yang akan kita pakai. Selain memudahkan pemisahan kulit, juga sari bawangnya akan lebih keluar and berasa sewaktu dimasak.


5. Daun bawang
a. Biasanya bagian bawah daun bawang itu kotor penuh tanah, jadi sebelum dimasukkan kulkas aku cuci dulu bagian yang kotornya, bungkus dengan Koran dan masukkan kebagian sayur.

6. Menyiapkan bahan makanan untuk dimasak
a. Kalau ngeracik-racik di pagi hari biasanya ga keburu, so caranya siapin semuanya waktu malem, simpan dalam wadah dan masukkan kulkas, pagi-pagi tinggal sreng sreng aja.
b. Aku biasanya suka masak untuk sekali makan, jadi siapin bahan-bahan secukupnya aja yah. Usahakan jangan berkali-kali menghangatkan sayur coz vitaminnya bisa hilang. Cukup sekali makan dibuat, jadi kesegaran masakan bakal bikin selera makan deh.
c. Kalau mau masak ikan or daging yang sudah disimpan di freezer pasti bakal bermasalah coz semua udah beku. Cara mencairkannya bisa dengan memindahkannya dari freezer ke bagian rak bawah di waktu malam, jadi pagi-pagi udah mencair.. Hati-hati dengan air nya yah, jadi siapkan tempat supaya air ga meleleh kemana-mana. Or bisa juga dengan mencairkannya di microwave.
d. Untuk jenis masakan yang termasuk lama masaknya, biasanya udah aku buat malemnya, pagi-pagi tinggal diangetin.
e. Untuk jenis makanan yang bisa disiapin sebelumnya, seperti ebi furai, tahu isi, cabe isi ayam/daging, bisa diracik dimalam hari n pagi tinggal digoreng.
Selamat mencoba yah, mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: