Lumpia basah Vs Lunpia Semarang

By: greenypink

Feb 15 2010

Tags:

Category: ayam, cemilan

2 Comments

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:1600
Shutter:1/30 sec
Camera:COOLPIX S51c

Nostalgia zaman kuliah dulu ceritanya, hehe…maklum dulu hobi banget makan lumpia basah depan kampus alias di gerbang unpad jatinangor…abis di Jakarta ga ada yang begini sih, jadi kangen banget sama tukang lumpia basah langganan eh lumpia nya maksudnya, hehe…biasanya dia kasi dobel kulit lumpia n banyak saus gulanya..hemm..nyam nyam..ini resepnya yah..simple n yummy..oops plus versi lunpia semarang gorengnya yang beti lah, beda beda tipis, yang pasti abang doyan banget nih lumpia, heuheu..waktu kita ke semarang aja sehari bisa makan berapa biji lunpia tuh…

Lumpia basah recipe

Untuk 2 porsi lumpia basah diperlukan:

4 Lembar kulit lumpia

Rebung, iris korek api

Toge

2 Butir Telur

½ Blok Gula merah

4 Siung bawang putih

1 sdt Garam

1 sdt Merica bubuk

2 gelas Air

Maizena

Cara membuat:

1. Didihkan air, masukkan gula merah yang sudah diiris. Setelah mendidih, pisahkan sekitar 3 sendok sayur air gula untuk dibuat saus.

2. Masukkan rebung kedalam larutan gula dan biarkan sampai larutan gula meresap dan air menyusut, sisihkan.

3. Untuk saus, campurkan larutan gula dengan air maizena sampai mengental, sisihkan.

4. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan telur dan buat orak arik.

5. Setelah telur matang masukkan toge, beri garam dan merica bubuk.

6. Masukkan rebung dan masak sampai semua matang, sisihkan.

7. Siapkan dua lembar kulit lumpia, beri saus gula pada kulit lumpia dengan merata dan beri tumisan diatasnya. Lipat lumpia, siap dinikmati.

Lunpia Semarang

Bahan yang digunakan:

10 lembar kulit lumpia

Rebung, iris korek api

Toge

Jamur kuping, iris korek api

½ bagian daging dada ayam, potong dadu kecil

2 Butir Telur

½ Blok Gula merah

3 siung bawang merah, iris halus

4 siung bawang putih, iris halus

¼ bagian bawang bombay, iris halus

1 sdt Saos tiram

1 sdm Kecap asin

1 sdt Garam

½ sdt Gula

1 sdt Merica bubuk

2 gelas Air

Maizena

Cara membuat:

  1. Buat saus dan rebus rebung seperti cara membuat lumpia basah, buat saus agak banyak.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  3. Masukkan daging ayam dan buat orak arik telur setelah ayam matang.
  4. Beri garam, gula, merica, saos tiram dan kecap asin.
  5. Masukkan toge dan jamur kuping, dan setelah hampir matang masukkan rebung.
  6. Siapkan kulit lumpia, beri tumisan sebagai isian, beri 1 sdt saus gula lalu lipat amplop dan rekatkan dengan larutan gula.
  7. Goreng lumpia sampai berwarna coklat keemasan. Hidangkan dengan saus gula.

2 comments on “Lumpia basah Vs Lunpia Semarang”

  1. kayaknya enak dua-duanya dah,,,, apalagi kalo lagi anget… hhhmmmmmm…

  2. betul tuh.. anget-anget maknyuss..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: