Kolak Bikong

By: greenypink

Mar 15 2010

Category: Minuman

4 Comments

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:1250
Shutter:1/125 sec
Camera:COOLPIX S51c

Kolak Bikong??apaan tuh..maksudnya kolak ubi dan singkong…hehe…

Orang indonesia biasanya suka kolak kan.. Lebih populer lagi pastinya di bulan puasa…hemm…ini salah satu variannya…biasanya kalo wiken aku buat ini, daripada nyemil ga jelas, mending makan ini…lagian suamiku suka banget sama kolak…Menurutku, ubi sama singkong ini klop banget deh disatuin untuk dibuat kolak..ubinya empuk dan singkong punya tekstur sendiri setelah direbus..bikinnya juga gampang banget..

Ini dia bahan-bahannya:

3 ubi

1 batang singkong

2 blok gula merah

50 gram santan kental..aku pake kara

4 sdm air

1 sdt gula pasir

½ sdt garam

2 sdm maizena, larutkan

1 lembar daun pandan..kali ini ga pake..coz mamang sayur ga ada..

Cara membuat:

  1. Didihkan ½  panci air.
  2. Sambil menunggu air mendidih, kupas ubi dan singkong, cuci bersih dan potong dadu.
  3. Masukkan ubi dan singkong ke dalam air mendidih.
  4. Masukkan gula merah ke rebusan ubi dan singkong..kalo aku biasanya iris dulu gulanya supaya cepat meresap ke air rebusan..Beri pandan..
  5. Setelah ubi dan singkong matang alias menjadi empuk, beri larutan 1 ½ sdm maizena, aduk rata, lalu matikan api.
  6. Dalam wadah terpisah, campur santan kental dan air, beri gula, garam dan daun pandan, didihkan dan beri ½ sdm larutan maizena.
  7. Cara penyajian: 1 mangkok kolak ubi dan singkong, siram dengan santan.

Oh ya..kolak ini cocok dinikmati panas maupun dingin loh.. Kalo di udara siang yang panas, biasanya aku makan kolak yang sudah diberi es batu..wow segernya….

4 comments on “Kolak Bikong”

  1. Indonesian’s Fav Kolak Kita jualan aja gmn neng? resepnya udah banyak n cukup nih buat bikin warung..lumayan buat nyari sampingan🙂

  2. iya lumayan bi…
    coba dibantu up kl gitu..hihi

  3. febrie pesen katanya, tp minta sample nya dulu, barang satu panci
    heheheeee

  4. nyicip apa ngrampok yak, hehe… makanya kl wiken maen dah ke rumah.. biasanya yg aneh2 dibuatnya kl wiken🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: