Kwetiau Goreng Tabur Wijen

Sekarang nih aku selalu sedia wijen..bisa buat isian roti bakar sampai taburan masakan..salah satunya ya ini neh…satu resep ini cukup untuk 2 porsi

Bahan-bahan:

½ bagian kwetiau basah

3  bawang merah, iris halus

1  bawang putih, iris halus

½ bagian bawang bombay, iris memanjang

1 batang daun bawang, iris

½ buah tomat, potong dadu/memanjang

1 buah Cabe Merah besar, iris serong

5 buah bakso, bagi 4 bagian untuk masing2 bakso

50 gram Daging Sapi, iris halus

1 telur ayam

50 gram toge, cuci bersih

1/2 bagian wortel, iris korek api

1 ikat pokcoy, potong kecil

2 kuntum besar Brokoli, iris halus

2 Kecap manis

1 sdm minyak

1 sdm garam

½ sdt gula

1 sdt merica bubuk

1 sdt pala bubuk

1 sdt kecap asin

1 sdm bawang goreng

1 sdm wijen

Cara membuat:

  1. Didihkan air, lalu masukkan kwetiau sampai agak lunak, angkat, tiriskan.
  2. Beri kecap manis dan minyak pada kwetiau,aduk sampai merata, sisihkan.
  3. Tumis bawang  putih, bawang merah dan bawang bombay hingga harum.
  4. Masukkan daging dan masak sampai daging matang, lalu masukkan bakso, lalu telur, buat telur menjadi orak arik, lalu masukkan wortel, pokcoy, brokoli dan tomat.
  5. Beri garam, gula, merica bubuk, pala bubuk dan kecap asin.
  6. Masukkan kwetiau dan aduk hingga semua bumbu merata.
  7. Masukkan toge sampai tercampur dan beri daun bawang. Angkat, sajikan dan taburi bawang goreng dan wijen.

Notes: jangan merebus kwetiau terlalu lama, cukup sebentar saja, apabila kwetiau sudah mulai lembek, langsung angkat.

Kwetiau neh bisa dibilang gagal kalau merebusnya terlalu lama sehingga teksturnya menjadi terlalu lunak dan akan lengket..Pastinya kalo udah lengket gitu, bentuk jadi hancur dan ga bagus lagi keliatannya…Biarpun kalau nanti dimasak, rasa ga kan masalah..tapi bentuknya bener-bener ga menggugah selera deh, hehe…Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: