Pepes Ati Ampela

By: greenypink

Mar 15 2010

Tags:

Category: ayam

1 Comment

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:100
Shutter:1/30 sec
Camera:COOLPIX S51c

I’m baaaack…

Setelah sukses dengan ati ayam gongso cabe hijau, sekarang aku kembali dengan pepes ati ampela ayam, hehe…kaya film serial ajya..

Urang sunda mana yang ngga kenal sama pepes sih, biasanya dari kecil udah dicekokin ini terus, hehe…

Ga tau kenapa nih, tiba-tiba kepengen pepes ati ampela…Yasud pesen ati ampela deh ke si mamang sayur, sayang biarpun udah pesen belimbing wuluh si mamang tetep ga bawain karna katanya ga ada..gapapa deh aku ganti tomat aja…Resep aslinya aku dapet dari dapur mbak asri..

Untuk 5 pasang ati ampela aku dapet 8 pepes bentuk tum..

Ini bahan-bahannya yah:

5 pasang ati ampela ayam, cuci bersihkan.

1 ½ buah tomat, potong dadu

8 lembar daun salam

10 buah cabe rawit merah besar

2 ikat daun kemangi

2 sdm santan kental

1 sdm air

1 lembar daun pisang besar, bagi menjadi 8 bagian

Bumbu halus:

6 siung bawang merah besar

4 siung bawang putih

½ batang sereh, iris halus

1 ruas kunyit

1 ruas jahe

1 ½ ruas lengkuas

1 sdt lada bubuk

1 sdm garam

1 sdt gula

Cara membuat:

  1. Potong ati dan ampela ayam menjadi beberapa bagian kecil, untuk 1 pasang aku potong menjadi 18 potong, sisihkan.
  2. Haluskan bumbu halus lalu campur dengan santan dan air.
  3. Campurkan ati ampela dengan bumbu halus.
  4. Siapkan kemangi, tomat, cabe merah dan yang pasti bintangnya pepes adalah daun pisang.
  5. Ambil satu bagian daun pisang, taruh salam pada posisi paling bawah, lalu 3 slice tomat, beri ati ampela, cabe rawit dan kemangi, lalu bentuk dan tutup ujung2nya dengan tusuk gigi atau gunakan stapler.
  6. Kukus selama 15-20 menit.
  7. Setelah matang bisa langsung disajikan atau agar lebih wangi dan mantap, pepes dibakar dulu.

Aku sih sukaa banget sama pepes ini, sayang abang kayanya ga terlalu suka pepes.. Maklum katanya dari kecil ga pernah makan ati ampela di pepes…apalagi pepes orang sunda beda banget sama pepes di medan yang biasanya pakai ikan kembung sebagai bahan utama plus kelapa parut…Hemm….kayanya masih butuh waktu buat penyesuaian, hehe..

One comment on “Pepes Ati Ampela”

  1. enak enak enak…ayo bikin lagi biar nambah terus…🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: