Sop Daging Kacang Merah

By: greenypink

Mar 19 2010

Tags:

Category: daging, sayur

Leave a comment

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:1600
Shutter:1/12 sec
Camera:COOLPIX S51c

Udah lama nih ga masak sop..kayanya gara-gara keseringan buat sop jadi mpe sekarang males banget, apalagi sop ayam..hehe.. tapi untuk sop yang satu ini, ga nolak deh..malah bikin selera makan..rasanya beda dari sop ayam..pastinya karna pake daging yah..tapi sebenernya yang bikin beda banget itu karna sop ini pake kayu manis..Hemm rasanya jadi seger manis gimana gitu, hehe…

Bahan-bahan:

¼ kg daging sandung lamur

1 wortel besar

1 kentang besar

¼ kg kacang merah

2 batang kayu manis

1 bawang bombay

2 siung bawang putih

1 batang Daun bawang dan seledri

1 buah tomat merah

1 sdt merica bubuk

1 sdt pala bubuk

1 sdm garam

1 sdm gula

1 sdm kecap asin

1 sdm kecap ikan

Bawang merah goreng

Cara membuat:

  1. Rebus kacang merah sampai empuk, tiriskan dan sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan daging yang sudah dipotong dadu sampai empuk.
  3. Masukkan kentang, setelah setengah empuk masukkan wortel.
  4. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicincang halus sampai harum, lalu masukkan ke dalam rebusan.
  5. Masukkan kayu manis. Beri garam, gula, kecap asin, kecap ikan, pala bubuk dan merica bubuk.
  6. Masukkan  kacang merah dan tomat yang sudah dipotong kecil dan dibuang bagian dalamnya.
  7. Setelah semua matang, matikan api dan masukkan daun bawang, seledri dan beri bawang merah goreng.

Notes: Pada saat merebus daging, akan ada lapisan busa yang merupakan darah dari daging, jangan lupa untuk membuangnya dari bagian kaldu, sedikit demi sedikit sampai semua busa habis..It’s a must yah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: