Ikan Tauco

By: greenypink

May 09 2010

Category: seafood & ikan

Leave a comment

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:1600
Shutter:1/40 sec
Camera:COOLPIX S51c

Udah lama banget nih ga masak serba tauco..selain emang lagi males malesnya masak..

Yasud beli ikan kembung buat abang..gurame buat diriku sendiri..temanya..sama-sama tauco..

Yang nampang kembungnya aja yah..abis guramenya keburu dah dimakan, hihi..

Oh ya, ikan kembungnya aku potong kepalanya, tujuannya supaya ga bikin minyak jadi item sewaktu digoreng..abis biasanya kl pake kepala tu minyak langsung keliatan item, n jadinya kembungnya ikut jelek deh..

Bahan-bahan:

3 Ikan kembung, cuci bersih potong 3 bagian

1 ekor  ikan Gurame yang dipotong 4 bagian

5 siung bawang merah besar, iris halus

5 siung bawang putih, geprek, iris halus

10 cabe hijau, iris serong

5 cabe merah

3 sdm tauco medan

1 buah tomat merah segar

½ blok gula merah, sisir halus

air

Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara membuat:

  1. Campur, tauco, tomat dan gula merah, agak tekan sampai tomat lumat, tauco agak hancur dan semua tercampur rata, sisihkan.
  2. Goreng ikan, sebelumnya kembung dilumuri air jeruk dan garam, sedangkan gurame diberi tepung. Setelah matang, sisihkan.
  3. Tumis bawang sampai harum, masukkan campuran tauco, beri sedikit air sampai semua harum.
  4. Masukkan cabe hijau dan merah sampai agak layu, tambahkan sekitar 1 gelas air agar kuah agak banyak, pastikan rasa.
  5. Masukkan ikan kembung goreng sampai bumbu tercampur.
  6. Untuk ikan gurame, aku bedain nih, yang ini aku siram bumbu tauco. Siap dinikmati.

Kenapa aku bedain??karena ikan gurame mau aku buat tetep kriuk tapi punya cita rasa tauconya..

Sedangkan ikan kembung paling maknyus kalau tauco meresap sampai ke dagingnya…nyammmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: