Tuna Saus Jamur

By: greenypink

May 31 2010

Tags:

Category: seafood & ikan

Leave a comment

Aperture:f/3.3
Focal Length:6.3mm
ISO:1600
Shutter:1/59 sec
Camera:COOLPIX S51c

Bahan-bahan:

 Tuna

Tepung terigu

Air

Baking powder

Pala bubuk

 Garam

Ketumbar bubuk

Merica bubuk

Saus jamur:

Jamur merang

Tomat

Bawang merah

Bawang putih

Daun bawang

Cabe merah

Air

Tepung maizena

Butter

Cara membuat:

1. Campur tepung bumbu dengan bumbu2 halus, beri air sampai kekentalannya cukup.

2. Potong dadu tuna, ukuran 2 X 2 cm, campur dengan adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas, sisihkan.

3. Panaskan minyak goreng, masukkan butter sampai butter meleleh.

4. Masukkan bawang merah, bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabe merah yang sudah diiris serong.

5. Masukkan tomat dan jamur, lalu beri garam, gula, merica bubuk dan air sedikit sampai semua tercampur rata.

6. Setelah semua matang beri daun bawang dan masukkan larutan maizena, aduk sampai mengental. Angkat dan beri taburan bawang goreng.

7. Cara penyajian, siramkan saus jamur diatas tuna. Siap dinikmati

Udah lama males masak, ga selera juga tapi pengen makan yang simple tapi enak.. goreng aja deh ikannya pake tepung..nah buat bikin seger2nya plus tetep makan sayur..buat deh jamurnya..wow..selera makan jadi tambah deh..

Tuna merupakan ikan yang bisa dijadikan salah satu alternative buat gantiin salmon.. kandungan omega-3 nya tinggi, tapi harganya murah yang pasti, ga semahal salmon..

Nah buat variasi, ukuran dan potongan ikan bisa dibuat sesuai selera..bisa dadu, potongan agak besar atau dipotong panjang korek api.. nah buat kali ini, aku potong dadu, dan buat penyajiannya siramkan saus jamur ke atas ikan..paling enak kalau secepatnya dinikmati setelah dimasak, soalnya crunchy tepung di ikan di combine dengan sausnya mantep banget tuh.. silahkan mencoba yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: