Angeun Kacang

By: greenypink

Apr 27 2011

Category: sayur

6 Comments

Angeun Kacang alias sayur kacang merah ini sayur khasnya urang sunda.. Kalau Yogyakarta punya Gudeg, nah ini sayur manisnya versi sunda.. Manis segar dan paling enak dinikmati dengan kerupuk putih kampung… Istimewanya sayur yang satu ini, rasanya akan semakin mantap kalau sudah keesokan hari, kuahnya makin kental rasa asam manis nikmat.. wah urang sunda tahu pasti tuh, tapi buat yang belum pernah, silahkan dicoba n buktiin sendiri yak..

Bahan-bahan:

400 gram Kacang Merah, aku pakai versi kalengan

2 Gelas Air

1 siung  Shallot atau 4 siung Bawang Merah, iris halus

2 siung Bawang Putih, iris halus

1 batang Daun Bawang, potong agak besar2

1 buah Tomat, bagi menjadi 4-6 bagian

1 ruas Lengkuas, geprek

1 lembar Daun Salam

1 sdt Asam Jawa

1 batang Kayu Manis

1/2 blok Gula Merah, sisir halus

3 sdm Gula Pasir, or sesuai selera

1/2 sdm Garam, or sesuai selera

Cabe Merah, haluskan.. yang ini opsi tambahan yah buat yang mau agak pedas

Cara Membuat:

1.  Didihkan air lalu rebus kacang merah sampai matang.

2. Masukkan semua bahan kedalam rebusan kacang merah, dan masak sampai daun bawang dan tomat layu dan semua bumbu menyerap.

6 comments on “Angeun Kacang”

  1. Iih, bener banget. sayur khas sunda. Emang paling enak kalo dibesokin. Kl versi buatan Mamahku ga pake kayu manis, tapi pake terasi. Endang markonah deh. Apalagi makannya pake cumi item.. *sluurp*

    • aih geuning urang sunda oge??
      iya iya bener bu mantap banget tuh pasti.. apalagi ditambah sambelnya yak sekalian…jadi pengen ^_^
      iya resep mamaku juga pake terasi sbnrnya, maklum, krn ga bisa makan terasi nih, jadi ga pake ;p

  2. etanyaaa…kunaon pake kayu manis ??? asa teteh mah ga ada angeun kacang pake kayu manis neng ?….

  3. Terima kasih banyak. Sudah lama saya mencari resep ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: