Melted Brownies Agogo

By: greenypink

May 24 2011

Category: cemilan

2 Comments

Biarpun si mama tukang buat kue yang jago banget, tapi aku sama sekali males n ga suka buat kue..
Alasannya banyak, mulai dari ga punya mixer lah, ga ada timbangan, ga punya cetakan, ga ada oven sampai ke takut gagal, hehe..
Lah biasanya cuma bantuin doang ^_^.. akhirnya beraniin diri wiken kemarin buat brownies, coz udah dari lama pengen buat, bahan2 juga udah ngendon di lemari dari kapan tau, tapi males slalu menyerang, kekekek..

Sejak pertama liat resep melted brownies *brownies yang bagian dalemnya ada cokelat meleleh2 menggoda* nya mba yeni agogo dari milis NCC n dari berbagai blog yang udah coba praktekin,  aku penasaran buat yang satu ini.. Akhirnya masuklah kue yang satu ini ke list “must try” selain sarikaya panggang & Souffle… Yang pasti ketiganya ga butuh mixer & gampang buatnya.. Hehe, lagian kan udah punya ramekin n ada oven sekarang ^_^

Ini dia resep aslinya yang aku dapet yah.. Gampang banget n sekali buat pasti ketagihan deh buat lagi.. hehe.. Thanks mba yeni agogo n semua blogger yang udah kasi tips2nya juga..

Bahan-bahan:

100 gr Butter

100 gr DCC

150 gr Gula Kastor

100 gr Tepung Terigu

2 butir Telur

20 gram Couverture.. bagi menjadi beberapa blok untuk bagian melted nya

Kacang Almond

Cara Membuat:

1. Tim coklat dan butter.

2. Setelah cokelat dan butter meleleh, campur rata, lalu masukan gula, aduk rata lalu masukan telur, tepung aduk rata kembali.

3. Tuang setengah adonan ke dalam loyang/cetakan, beri coklat couverture.

4. Tuang sisa adonan, taburi atasnya dengan almond, lalu panggang sekitar 200 degC selama 20 menit.

Share pengalaman aja, udah pernah baca, katanya beda oven beda perlakuan terhadap kuenya, ga tau krn aku yang masih abg buat kue, ternyata aku alamin sendiri, dalam waktu 16 menit browniesku udah mateng, ga perlu nunggu mpe 20 menit. Jadi buat yang pemula juga, jangan sungkan2 buat pake feeling n dicek ya selagi dipanggang *aku cek dengan menggunakan tusuk gigi untuk memastikan bagian dalam juga matang *keinget si mama yang pake lidi kalo mau cek kue sudah matang bagian dalamnya atau belum* ..

yang kedua, coz emang aku ga nemu DCC, jadi aku pakai Couverture juga untuk bahan adonan selain isian untuk melted nya dan dicampur dengan 2 sdm Cocoa powder..
Tadinya sempet takut sama hasilnya, tapi ternyata emang katanya kalo pake couverture juga hasilnya lebih nendang ^_^

yang ketiga, penggunaan gula dikurangi, supaya ga kemanisan.

yang keempat, supaya hasilnya cantik, usahakan sebarkan couverture di bagian tengah saja, jadi sewaktu matang, browniesnya ga berantakan, bagian luar semua matang, dan tengahnya saja yang melt.

yang kelima nih yang paling penting, paling mantap dimakan selagi hangat ga jauh2 setelah matang.

resep diatas bisa buat 2 ramekin ukuran sedang.. selamat mencoba🙂

2 comments on “Melted Brownies Agogo”

  1. aduh yustina makin jago🙂. resepnya udah macam2. eh tau ga yus, aq sekarang lagi diet soal beratku udah 60 kg, wakwao..Dietnya tuh 3 hari ga boleh makan, cuma boleh minum susu. Guess what, akhirnya tiap siang aq nengokin blogmu dan ngeces2 bacanya (serasa udah makan nih ceritanya, heheheheh). Pengeeen banget bisa masak, huks kapankah waktunya untuk belajar? Oiya..kemarin waktu beli baju dingin, syal, sarung tangan, dll kamu beli dimana ya Yus? Miss U si kecil, cepat pulang dongs!

  2. ga jago, cm nekat doang bu, kekekek…
    beuh dietnya menderita amat, bs yah minum susu doang? hebat ^_^
    beli di mangdu, wah mau kemana ni feb?ntar diimel japri yah..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: