Buttermilk Chicken

By: greenypink

Jun 12 2011

Category: ayam

4 Comments

resep asli aku dapet dari foodwishes di youtube.. Menurutku hasilnya lumayan mirip & mengobati kekangenan kami makan ayam KFC ^_^..

Baru tahu, ternyata gini toh cara buat ayam goreng yang kulitnya renyah n bumbu meresap… tipsnya, gorengnya harus diminyak yang panas, sebaiknya di sekitar 350 degF ato sekitar 176 degC.

Tips lainnya, kalau ga ada buttermilk, bisa diganti dengan menggunakan air jeruk. campur 1 cup Susu dengan 1 sdm Air Jeruk Lemon, diamkan selama 5 menit.. Ga perlu kuatir, aku udah coba kok malah dengan menggunakan susu kedelai, hehe, pokoknya berhasil…

Bahan-bahan:
1 ekor Ayam, bagi menjadi 8 bagian
1 sdm Garam
1 sdm Lada Hitam Bubuk
1 sdm Cabe Bubuk
1/2 sdm Merica Bubuk
1 sdm Ground Dried Herbs (oregano, thyme, rosemary, sage)
500 ml Buttermilk

Bahan tepung:
250 gram Tepung Terigu
1 sdm Garam
1/2 sdm Cabe Bubuk
1/2 sdm Merica Bubuk
1/2 sdm Bawang Putih Bubuk

Cara Membuat:

1. Lumuri ayam dengan semua bumbu, diamkan sebentar dalam kulkas.

2. Rendam ayam dalam buttermilk minimal 6 jam *direndam semalaman lebih baik coz bumbu semakin meresap kedalam ayam*.

3. Campur adonan tepung. Lumuri seluruh bagian ayam dengan tepung.

4. Panaskan minyak, setelah panas, masukkan ayam dan goreng sampai tepung berubah kecoklatan.

4 comments on “Buttermilk Chicken”

  1. teknik nge-rubbing atau membalut tepungnya itu yang susah kayaknya…….
    Aku suka lepas2 waktu di cubit2
    Punya tips mbak biar crispy crunchnya bisa kebentuk?

    • hehe.. kl mau digoreng ayamnya jangan dicubit2 dong ded🙂..
      sejauh ini sih ayamnya cuma digulingin biasa ke tepung sambil dipadet2in aja tepungnya pake tangan ke badan ayam yg udah berbalut buttermilk itu.. asal digoreng di minyak banyak n panas, kebentuk deh yang kamu bilang crispy crunch itu..
      eniwei, malah aku coba oven, hasilnya kulitnya renyah jg ko..
      hemm atau kl mau mungkin bisa pake bantuan plastik yang ada sealnya ded, tepungnya masukin kedalam plastik, trus ayamnya masukin juga,trs ngebalut ayam dg terigunya tinggal dikocok2 sambil teken2 aja deh tu plastik, jadinya ayam kebalut tepung tanpa kena tangan kita, tapi tetep bisa kita padetin terigu kebadan ayam..
      kl cara lain supaya kulit renyah, caranya si abang2 tukang ayam goreng di pinggir jalan, dia rendem ayamnya dl sama es batu sebelum digulingin di tepung, kl balut tepungnya mah biasa aja, ditepung yang banyak diaduk2 sambil diteken2 ke badan ayam & lagi2 goreng di minyak banyak n panas..
      kl caranya bu fat dari milis ncc, campuran tepungnya pake terigu+tepung sagu+ soda kue +garem+penyedap, sebelumnya ayam dicelupin dulu ke adonan putih telur yg dicampur air n penyedap..
      hemm jadi panjang gn, nyambung & ngbantu ga yah jawabannya, hehe mudah2an ya..

  2. bakalan dicoba satu2…
    yg plg bgus hasilnya aku kabarin…..
    Hehehehehe
    Tp kayaknya kalo mau enak emang hrs royal di penggunaan tepung (jgn hemat dikit2) trus hrs banyak minyaknya biar smua tenggelam
    Selama ini aku pake rendaman buttermilk / susu biasa buat goreng fillet ikan dori doang…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: