Tilapia Kuah Kuning Asam Pedas

By: greenypink

Jun 27 2011

Category: Ikan, seafood & ikan

4 Comments

Variasi olahan ikan yang bikin selera makan makin besar nih..

Dulu sih jarang makan ikan tilapia alias ikan nila ini, tapi sekarang bukan suka lagi deh, tapi doyan, hehe… penasaran? coba aja ^_^

Bahan-bahan:

1 ekor ikan Tilapia, filet ikan, lalu potong menjadi 12 bagian

sejumput Garam & Merica, untuk melumuri ikan

1 sdm Air Jeruk, untuk melumuri ikan

3 lembar Daun Jeruk, buang tulang daunnya

1 lembar Daun Salam

1 batang Serai, geprek

1 sdt Air Jeruk

75 ml Santan Kental

1 gelas Air

Bumbu Kuah:

4 siung Bawang Merah

2 siung Bawang Putih

1 sdt Kunyit Bubuk atau 1 ruas jari Kunyit

1/2 ruas jari Lengkuas

1/2 ruas jari Jahe

1 sdt Ketumbar Bubuk

1 sdm Sambal Oelek, atau 3 buah Cabe Keriting

1 sdt Garam

1/2 sdt Gula

sedikit Merica

Cara Membuat:

1. Lumuri badan ikan dengan air jeruk, garam dan merica, diamkan kurleb 15menit, lalu goreng dalam minyak panas, sisihkan.

2. Haluskan semua bahan untuk bumbu kuah.

3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan air jeruk, serai, daun salam dan daun jeruk. Tambahkan air dan santan kental, koreksi rasa lalu masak sampai kuah mendidih.

4. Masukkan ikan yang sudah digoreng kedalam kuah, campur rata dengan kuah, matikan api. Nikmati dengan nasi hangat.

4 comments on “Tilapia Kuah Kuning Asam Pedas”

  1. Waduh..ngeliat merahnya gitu jadi ngacay, deh..🙂 santen2 gini nih, kesenengan suamiku. sejenis pindang gitu, kan ya?

    • iya, mirip2 juga, beda disantennya mgkn yah..
      hehe, suami2 kita kompak dong mba, yang begini kesukaannya🙂
      apalagi kl dimakan sama nasi anget.. aduuh jadi ngacay juga, hehe..

  2. enyaaaaak….enyaak…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: