Bakso Malang

By: greenypink

Jul 12 2011

Category: daging, MieKwetiauPastaNasi

2 Comments

Udah lama banget pengen serba bakso, mie ayam bakso lah, bakwan/bakso malang lah, apalagi suka liat bakwan malang di jakartastreetfood, ngiler berat, tapi biasanya sih ga berani buat coz jiper duluan takut gagal.

Akhirnya dipaksain juga bikin saking ga tahannya pengen, hemm, ternyata ga susah loh… Hasilnya enyaaak *untuk ukuran yang udah lama banget ga makan bakso2an nih, hehe*.. Biarpun bukan tukang bakso tapi ga kalah loh, belum dimakan aja udah wangi banget baksonya.. Kalo mau tekstur bakso yang halus mungkin ngadonnya sebaiknya pake foodprocessor n pake es batu.. kalo aku sih malah suka yang ini coz teksturnya jadi agak sedikit mirip bakso urat.. abang juga bilang “ini bakso urat yah?” hehe…

Maap ye, foto bakwan malangnya pas si pangsit goreng blum ada, hehe.. bayangin aja deh kalo udah ada pangsit gorengnya ^_^

Bahan-bahan:

250 gram Daging Sapi Giling

100 gram Tepung Tapioka

1/3 sdt Baking Powder

3 siung Bawang Putih

2 sdt Garam

1/3 sdt Merica

1 buah Telur Ayam

80 ml Air Es

1 bungkus Kulit Pangsit….. aku pakai kulit gyoza isinya kira2  20 lembar

1 buah Tahu.. potong segitiga

Pelengkap:

Mie….. aku pakai mie china yang bergulung2 kecil, tinggal direbus, mirip seperti mie di bakwan malang komplit

Daun Bawang

Seledri

Bawang Goreng

Kuah Kaldu

Sambal

Cara Membuat:

1. Haluskan bawang putih, merica dan garam.

2. Campur bumbu halus dengan daging, tepung tapioka dan baking powder. Tambahkan 1 butir telur, aduk terus sampai tercampur rata. Tambahkan air es pada adonan, lalu aduk terus sambil agak dibanting-banting.

3. Didihkan air. Bentuk adonan bakso dengan cara mengepal adonan, keluarkan antara jempol dan telunjuk lalu ambil adonan dengan sendok lalu masukkan ke air mendidih. Setelah bakso mengapung, masukkan ke air es yang disiapkan dalam mangkuk. Lalu tiriskan dan sisihkan, panaskan kembali pada saat akan dinikmati.

4. Ambil sebagian adonan untuk tahu dan kulit pangsit. Untuk Tahu, buat tahu menjadi bentuk segitiga, keruk tengahnya sedikit, lalu isi dengan adonan isi yang dicampur dengan isi tahu yang tadi dikeruk, kukus.

5. untuk Pangsit goreng: beri air sekeliling kulit pangsit dengan air, isi bagian tengah kulit pangsit dengan sekitar 1 sdt adonan bakso, lipat, goreng.

6. untuk Pangsit rebus: lakukan hal yang sama dengan pangsit goreng, tetapi setelah diipat lalu pertemukan ujungnya dan rekatkan dengan air.  Atau kalau mau menjadi siomay, bentuk siomay dengan memberi adonan yang sama. Bisa juga dibentuk menyerupai gyoza. Rebus dalam air mendidih.

7. Siapkan di mangkuk mie, bakso, siomay/pangsit rebus, pangsit goreng, taburi dengan seledri, daun bawang dan bawang goreng, lalu tambahkan kuah. Siap dinikmati deh.. yang suka pedas, jangan lupa sambalnya yah ^_^

Untuk kuah kaldu sebenarnya bisa dengan merebus tulang ayam atau tulang sapi yang kemudian diberi bumbu bawang putih, merica dan garam. Tetapi kali ini  pakai cara malasnya, yaitu pakai kuah sisa merebus/membuat bakso. Tumis bawang putih yang dihaluskan dengan garam dan merica, lalu setelah harum masukkan kuah kaldu sisa rebusan bakso. Siap digunakan sebagai kuah bakwan malang.

Oh ya, untuk pangsit rebus, tahu dan bakso silahkan dihangatkan kembali di air kaldu sesaat sebelum disajikan yah.. Selamat mencoba…

2 comments on “Bakso Malang”

  1. Hebat ah…bikin baso nya sendiri….teteh mah sok kagum sama yang mandiri..(hihihi apa kepaksa yaa…? kepaksa mandiri gituuuu ?)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: