Pindang Patin

By: greenypink

Aug 25 2011

Category: Ikan, seafood & ikan

2 Comments

Kalo lagi makan pindang patin jadi suka keinget sama pindang patin yang pernah dimakan di pinggiran sungai musi rawas sewaktu dulu ke lapangan, itu yang paling enak yang pernah aku makan.. Bukan orang palembang sih, tapi sekali makan masakan palembang, langsung jatuh hati, hehe..

Kalo ada persediaan tempoyak, versi pindang patin tempoyak juga maknyus loh… makin asem makin seger makin harum, buat yang suka asem-asem seger pasti suka deh.. kalo masak pindang ini, aku suka tambahkan kunyit sewaktu masak karna mau warnanya agak kuning.. silahkan dicoba ^_^

Bahan :
500 gr Ikan Patin, potong-potong dan lumuri dengan air jeruk
6 siung Bawang Merah
3 siung Bawang Putih
1/2  buah Tomat Merah
3 sdm Cabe Merah Giling
5 buah Cabe Rawit Merah
5 buah Tomat Hijau, potong -potong.. bisa diganti tomat merah
1 batang Serai
2 lembar Daun Salam
1 sdm Kecap Manis
1/2 sdt Bubuk Kunyit or 1 slice kunyit segar atau kunyit dihaluskan
2 slice tipis Jahe
1 sdm Gula Merah
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Air asam jawa secukupnya
Air

Daun kemangi untuk taburan
Nanas, potong-potong

opsi tambahan lain:

2 sdm Nanas Parut atau
3 sdm Tempoyak

Cara Membuat :

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, 1/2 buah tomat.

2. Didihkan air, masukkan bumbu halus, cabe merah halus, serai yang dimemarkan, daun salam, air asam, gula, garam dan kecap (pada tahap ini juga nanas parut or tempoyak dimasukkan jika suka). Koreksi rasa, kalau rasa sudah ok masukkan ikan, nanas potong, cabe rawit dan tomat hijau. Masak hingga ikan matang.

3. Sesaat setelah api dimatikan masukkan daun kemangi atau pada saat dihidangkan dalam mangkuk, taburi pindang dengan daun kemangi.

2 comments on “Pindang Patin”

  1. Yustin..pa kabar? Lebaran kemarin mudik ga? Hohoho, iya nih blogku jadi terbengkalai semenjak S2 dan dibawah Mas Feri. Tau sendirilah si bos jalan suka ga kedengaran kayak kaki kucing, eeh tiba2 udah nangkring di belakang. Bisa hancur imej gw kalo ketahuan lagi update blog, wkwkwk.

    Tapi sekarang udah ada posting baru tuh (ceritanya promosi).
    Gimana keadaan disana? Yus..resolusiku taon depan : harus bisa memasak dan resepnya bakal kuambil dari dirimyuw..jadi keep writing yak ^_^

    • baik semua feb, alhamdulillah..pastinya ga mudik atuh ^_^
      nulisnya dirumah dong sebelum tidur (mang ada waktu?kekekek)
      wah mantap resolusinya, opik pasti hepi tuh.. semangat smangat..
      tulisannya dah aku baca, lucu *two thumbs up*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: