Pepes Nasi

Yang suka bosen makan nasi putih hayo absen dulu…hehe..
Aku nih kadang suka banget bosen nasi putih, pelariannya biasanya roti, tapi kalo keukeuh mau makan nasi, buat ngakalinnya, ya nasinya dibuat macem2, mulai dari nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng dan resep yang satu ini nih.
inget: semua yang pernah aku masak pasti yg gampang deh, jadi pasti kamu jg bisa..
Nah nasi pepes yang satu ini sebenernya cuma manfaatin bumbu sisa ngungkep ayam sewaktu mau buat ayam goreng. Dan pasti dah pada tau kan, kadang suka masih bersisa bumbunya, coz’ ada lemak ayam yang juga ikut meluruh dan sayang kayaknya kalo ga dimanfaatin, hehe.
Buat yang ngga biasa bikin bumbu ungkepan ayam, aku share yah bumbunya.

Sebenernya isian pepes ayam bisa macem-macem tergantung selera, bisa diisi suwiran ayam yang sudah kita ungkep juga sih. Kalo yang ini aku tambahkan tumisan buncis & daging cincang. Jadi sekali makan, udah lengkap deh sama sayur n lauknya.

Bahan-bahan:

Bumbu kuning untuk ungkepan ayam goreng:

4 siung Bawang Merah

2 siung Bawang Putih

1/2 sdt Merica bubuk

3 butir Kemiri

sdt Kunyit bubuk or 1 ruas kunyit segar

1/2 ruas Lengkuas

1/2 ruas Jahe

2 lembar Daun Salam

1 batang Sereh, geprek & ikat

Garam, Gula dan Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Haluskan semua bumbu kecuali salam dan sereh. Lumuri ayam dengan bumbu halus, diamkan sebentar agar bumbu meresap.
2. Taruh ayam di wajan, panaskan, dan setelah agak berubah warna tambahkan air lalu ungkep ayam sampai semua bumbu meresap dan ayam matang. Sisa bumbu ungkepan ini yang akan kita gunakan untuk membuat pepes nasi.

Tumisan Buncis Daging, bahan-bahan:

50 gram Buncis, siangi dan iris serong tipis

50 gram Daging Cincang

2 siung Bawang Putih

1/2 siung Bawang Bombay, iris halus

1 sdm Kecap Asin

1 sdm Kecap Manis

sedikit Merica dan Garam

Cara Membuat:

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

2. Masukkan daging cincang dan masak hingga berubah warna, masukkan buncis, tambahkan kecap asin, kecap manis serta merica dan garam. Masak hingga semua matang dan bumbu meresap.

Untuk membuat pepes nasi:

1. Campur nasi putih dengan sisa bumbu kuning dan sedikit garam sampai merata.

2. Susun dalam alu-folie atau daun pisang, dan beri toppingnya dengan tumisan buncis dan daging, gulung sampai nasi tertutup lalu kukus kurleb 10-15 menit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: