Pencatutan Foto

By: greenypink

Nov 16 2011

Category: ceriwis

6 Comments

Pencatutan foto dan tulisan di blog sudah sering saya dengar, sudah sering dibahas dimilis bahkan sudah sering saya sendiri temui.. mungkin beberapa diantara teman-teman juga sering dicatut tulisan, resepnya ataupun fotonya.

Sebenarnya tidak akan bermasalah kalau saja yang mencatut meminta izin dulu untuk mempost tulisan, foto atau resepnya di blog mereka… *hehe, bukan nyatut dong namanya kalo izin dulu*

Atau sebenarnya bisa saja dimintakan izin baik-baik dan dicantumkan sourcenya.. sepertinya itu lebih bijak..

Saya sudah lama tidak menulis, karena memang rasa malas sudah lama menyerang, hehe.. tetapi karena kejadian yang baru saja saya alami, menggelitik saya untuk segera menulis dan menshare pengalaman ini..

Ketika saya sedang berasyik masyuk mencari inspirasi memasak,  saya kebetulan melihat salah satu foto yang sepertinya saya kenal.. Tentu saja itu foto hasil jepretan dan editan saya sendiri saudara-saudara…benar, itu foto saya, tetapi ko muncul di blog lain dengan judul resep yang sebenarnya bahkan masakannya bukan apa yang sebenarnya difoto itu..
Memang sudah lama sekali saya post, sewaktu saya baru belajar ngeblog.. dimana masih belum terpikir kalau foto saya yang jauh dari luar biasa akan dicatut orang.  Lagipula sudah saya beri tulisan dan saya edit fotonya, tentu saja saya tidak kuatir…Tetapi ternyata tentu saja itu tidak menyurutkan kreatifitas si pencatut untuk mencatut, mengcrop dan menambahkan sendiri namanya di foto hasil catutannya itu.

Hemmm kalau upin ipin bilang… “Geram geram geraaaam”..

Untuk pembelajaran, baik yang baru belajar ngeblog ataupun yang sudah ahli tetapi masih belum menyadari.. jangan lupa tinggalkan jejak anda  dengan cara selalu memberi watermark pada foto anda (ditengah gambar kalau bisa, hihihi) dan jangan beri ruang untuk pencatutan, pengeditan dan pengklaiman atas karya anda.. Selamat berblog ria ^_^

6 comments on “Pencatutan Foto”

  1. kasih tampang kita di fotonya yus..mesti susah dicatut, wkwkwkw

  2. cuma satu kata untuk posting ini…..
    Itulah Indonesia !!!!
    hahahaha
    Smuanya pda latah

  3. iiih pengen tau siapa yang nyatuuut !!!

    • haha..smangat amat.. udah dimaapin teh orgnya n yg penting sbnrnya mah udah ga inget lagi linknya, hehe… tp teh, masa diblognya ditulis aturan n ada salahsatunya org ga blh ngopi seenaknya, lah foto akyu pa kabar? hehe..


Leave a Reply

