Kuo Tie a.k.a. Gyoza

By: greenypink

Jan 29 2012

Category: cemilan, daging

5 Comments

Kuo tie, Jiaozi atau dikenal orang jepang sebagai Gyoza adalah salahsatu jenis dumpling yang cara masaknya agak unik dan sedikit berbeda dengan dimsum kukus biasa..

Sebenernya udah lamaa banget pengen buat yang satu ini sejak dulu liat gyoza di cooking with dog.. Tapi ya ga kesampean mulu, apalagi alesannya kl ga ada kulitnya dan pas kebetulan ada kulitnya malah kelupaan mau dibuat kuo tie or gyoza ini..

Apalagi sewaktu ada gelaran Chinese food week NCC, wuih semangat 45 pengen ikutan, coz’ keknya kalo chinese week bisa ngikut nih pake resep yang satu ini… tapi apadaya, semangat masakku waktu itu ilang bahkan kalau boleh dibilang ga nafsu sama sekali sama yang namanya dunia makanan, dunia perblogan dll.. Alhamdulillah masa-masa itu udah lewat… and now.. I”m baaack… makan enak lagi.. masak enak lagi..n pastinya bisa ngeblog lagi.. haha, sekarang ga ada lagi ocehan2ku yang dikit dikit sensi sama bau-bauan..

Eh lagi iseng-iseng googling nyari cara buat kulit gyozanya yang gampang n dimsum yang hanya menggunakan daging sapi cincang, ternyata nyangkut juga ke arsip chinese foodweeknya NCC … OMG.. dasar jodoh.. yowes dijadiin deh kali ini bikin kuotie alias si gyozanya…

Setelah googling sana sini, ketemu deh tips n cara mudah bikin kulit gyoza.. Ternyata bahan yang dibutuhkan hanya terigu, air panas dan garam.. Air panas memang harus digunakan supaya kulitnya nanti elastis dan kenyal.. dan aku buat kulit yang tipis, coz kayanya kalau kulit terlalu tebal jadi kurang enak.. Ini dia bahan-bahannya ya.. ini versi simple sesuai bahan yang ada, bisa dibilang campuran resep gyoza dan kuo tie, hehe…

Bahan-bahan:

Kulit Gyoza:

150 gram Tepung Terigu

1/4 sdt Garam

Air Panas

Cara membuat:

1. Aduk rata tepung dan garam. Masukkan air panas sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok atau spatula, lalu uleni hingga adonan kalis.

2.  Bentuk bulat-bulat adonan kulit, sedikit lebih besar dari kelereng.

3. Gilas adonan sampai membentuk kulit gyoza yang tipis dan betuknya bulat *bukan kotak ya*. Kulit gyoza siap digunakan.

Tips: bila adonan dirasa masih lengket, bisa ditaburi tepung sebelum menipiskan adonan.

Adonan Isi:

125 gram Daging Sapi Cincang

3 lembar Sawi Putih yang tidak terlalu besar, cincang halus.. Biasanya untuk gyoza digunakan Kol

Kucai atau Daun Bawang, iris halus.. yang ini aku skip karena ga ada

1 siung Bawang Putih, haluskan

1 sdm Kecap Asin

sedikit Minyak Wijen

1/2 sdm Garam

sedikit Merica

1 sdm Tepung Maizena

2 sdm Minyak Goreng untuk menggoreng gyoza

Cara Membuat:

1. Aduk rata semua bahan adonan isi sampai merata.

2. Ambil satu lembar kulit gyoza, ambil sekitar 1 sdm adonan isi, basahi tepian kulit dengan air, lalu pilin ujungnya menyerupai bentuk gyoza (kalau masih bingung, untuk mengetahui cara membentuk gyoza bisa dicari di youtube yah, agak susah diterangin  nih kalau cuma pakai kata-kata, hehe, pokonya setelah diisi, lipat dua, yang dipilin hanya satu sisi, sedangkan sisi lainnya tidak).

3. Lakukan sampai semua adonan habis.

4. Panaskan wajan anti lengket, lalu beri sedikit minyak. Susun kuo tie dan awasi sampai bagian bawah kuo tie sudah berubah warna. Apabila bagian bawahnya sudah berwarna cokelat, tambahkan air kurang lebih sampai setengah bagian kuo tie/gyoza terendam air (Hati-hati sewaktu memasukkan air ya, biasanya reaksi air dan sedikit minyaknya agak garang). Tutup wajan dan masak hingga air habis serta kuo tie matang. Kuo tie siap diangkat dan dinikmati.

ada dua cara sebenarnya, untuk versi biasanya orang jepang membuat gyoza, digunakan minyak wijen untuk menggoreng gyoza. Pertama-tama, olesi wajan dengan sedikit minyak (hanya untuk melapisi bagian wajan), masukkan gyoza, dan langsung beri air panas sampai setengah bagian gyoza terendam, setelah  air habis dan gyoza matang, masukkan sekitar 1 sdm minyak wijen dan masak sampai bagian bawah gyoza kecoklatan. Angkat gyoza setelah bagian bawahnya berubah warna.

Kemarin yang aku buat versi yang pertama, hasilnya, pada saat dinikmati, jus dari dagingnya terasa, kulitnya juga berasa lembut kenyal dan gurih. Paling enak dinikmati sesaat sesudah dimasak. Dasar aneh, aku nikmati kuo tie atau gyoza ini dengan sambal pecel, hehe.

5 comments on “Kuo Tie a.k.a. Gyoza”

  1. lezzaaat….:D

  2. 3 bulan pertama sih makanya rada sensitif. Congrats ya yus ^^. Banyak perubahan waktu kamu ga ada. Nanti kalau udah di Indonesia, balik ke Jerman lagikah?

  3. Oishii desu ne,,,,
    Arigatou gozaimasu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: