Ikan Acar Kuning

By: greenypink

Feb 16 2012

Category: Ikan, seafood & ikan

2 Comments

Ayo masak lagi bu…hehe.. Semangat semangat..

Udah beberapa hari ini kebayang pengen ikan acar kuningnya si mama.. akhirnya kesampean juga hari ini ^_^

Gampang..tinggal goreng ikan, terus potongin wortel & timunnya korek api n bikin bumbu halus, beres deh..

Berhubung ikan yang ada cuma pangasius dan bahkan itu juga udah filetnya, yowes gorengnya aku pake tepung aja biar ga hancur waktu digoreng, secara ikan yang satu ini dagingnya lembut banget.. Heran deh orang sini kalo ikan pasti udah tinggal dagingnya, padahal kalo kita semua suka, kulit, lemak bahkan sampai tulang aja masih digigitin, hohoho..

Kalo enaknya sih pake ikan mas, gurame atau mujair, yang masih utuh sama tulang dan kulitnya.. Kenapa ikan itu aja? Soalnya mama biasanya pakenya ikan itu sih, kekekek, soal selera lah yang satu itu mah.. Tapi aku liat orang lain pake apapun jenis ikan yang ada.. jadi pake pangasius alias patin ini juga ga dosa kok, hehe… yu masak ^_*

Bahan-Bahan:

1 ikan besar siangi, cuci bersih.. aku pakai filetnya aja segede gambreng kurleb 1,5 bagian Ikan ukuran sedang

1 butir Telur dan Tepung secukupnya untuk melumuri badan ikan

1 buah Wortel besar, potong korek api

3 buah Timun, potong korek api.. secara timun disini gede banget, aku cukup pake 1 aja

5 siung Bawang Merah kecil, 10 Cabe Rawit Merah or sesuai selera… aku skip

1 lembar Daun Salam dan Daun Jeruk

100 ml Air

Garam

Gula

Merica Bubuk

2 sdm Air Jeruk

Minyak untuk menumis dan menggoreng ikan

Bumbu Halus:

3 siung Bawang Merah besar

2 siung Bawang Putih besar

1/2 sdt Kunyit Bubuk atau 1 ruas jari Kunyit segar

3 buah Kemiri, sangrai

Cara membuat:

1. Siapkan filet ikan, lumuri dengan garam dan merica.

2. Lumuri badan ikan dengan telur yang sudah dikocok lepas lalu balut dengan tepung dan goreng hingga kering dan matang, sisihkan.

3. Tumis bumbu halus hingga harum juga daun salam dan daun jeruk lalu masukkan air dan masak hingga air mendidih.

4. Masukkan wortel, bawang, cabe rawit, timun lalu tambahkan gula, garam dan merica sampai rasa pas, masak sampai air agak berkurang (jangan sampai air habis ya). Matikan api lalu tambahkan air jeruk dan aduk rata.

5. Penyajian: Siramkan acar kuning keatas ikan yang sudah digoreng. Kalau menggunakan ikan utuh yang digoreng, ikan bisa langsung dimasukkan kedalam acar kuning dan biarkan bumbu melumuri dan diserap seluruh badan ikan. Siap dinikmati ^_^ nyam nyammmmm…..

2 comments on “Ikan Acar Kuning”

  1. acar enakan pake pomfret a.k.a bawal klo mnurutku…..
    Btw, ngomongin soal pangasius, keinget kmrn ada temen (ssama food traveller) yg bangga makan Pan Seared Rolled Pangasius di Novotel Palembang, dipikirnya ikan apa gitu smacam sea bass atau ikan pricey lainnnya, dia jelasin rasanya yg ‘succulent’, ternyata eh ternyata….
    fillet ikan patin, hahahaha
    terkejut dia wkt ku ksi tau…..

    • nah kan bener ternyata segala ikan bisa, tgantung selera.. ada juga yang pakai bandeng, ikan kembung bahkan salmon.. kalo bawal aku sukanya bawal goreng tapi dibumbu kuning dulu ded, hehe, enyaak..
      haha.. cape deh.. pasti kaget lah, udah heboh taunya wakwao…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: