Tum Ayam

By: greenypink

Feb 23 2012

Category: ayam

Leave a comment

Tadinya sih pengen buat tum daging, tapi ternyata udah keabisan stok daging, bikin tum ayam juga sama enaknya ko..

Beda  tum ayam ini dengan pepes ayam hanya di daging yang dipakai.. karena tum ayam yang dipakai hanya dagingnya saja, sedangkan untuk pepes biasa, ayam dengan tulangnya langsung masuk daun, hehe.. selain itu, khasnya tum ayam bali gini, penggunaan terasi bikin rasanya gurih dan harum.. Karena aku ga pernah punya daun pisang, pake alu folie pun jadi.. Hemm kebayang wanginya deh kalo pake daun ^_^

Bahan-bahan:

400 gram Daging Dada Ayam, cincang atau potong kecil

4 lembar Daun Salam, sobek sobek

2 batang Serai, geprek lalu bagi menjadi beberapa bagian

4 sdm Santan Kental

Bumbu Halus:

6 Siung Bawang Merah

3 Siung Bawang Putih

1/2 sdt Bubuk Kunyit

1 ruas Jahe

3 buah Cabe Merah

4 butir Kemiri

1/2 sdt Merica Bubuk

Garam dan Gula secukupnya

sedikit Terasi

1/4 ruas Jari Kencur

Cara Membuat:

1. Haluskan seluruh bumbu halus. Lalu campur dengan daging ayam sampai merata.

2. Tambahkan santan kental juga salam dan sereh dengan daging ayam berbumbu.

3. Siapkan Daun Pisang lalu isi dengan daging ayam tadi dan bentuk tum. Kukus kurang lebih 20 menit atau sampai tum ayam matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: