Roti Jala Kari Daging

By: greenypink

Mar 27 2012

Category: daging, MieKwetiauPastaNasi

3 Comments

ISO:400
Camera:7 Trophy

Gimana fotonya udah cukup keliatan jadul belom? ^_^

Hehe.. sebenernya cuma iseng aja gara-gara banyak fitur baru di picasa, langsung coba deh.. Kebetulan pernah liat juga ada satu blog yang kesemua fotonya model jadul begini..awal liat agak aneh..tapi lama-lama jadi nyentrik n lucu juga, hehe.. Di Hp juga lagi suka iseng banget edit2 foto… Jadi deh ni si Roti jala & Kari Daging jadi korban nya juga..

Balik ke resep.. Karena sarapan kemarin bikin pancake *OMG enaknya tu pancake pisang cokelat, hehe*.. Eh taunya masih ada sisa adonan yang sayang kalo cuma dicuekin n kalo mau dibuat pancake lagi udah ga kuat lagi buat diabisin,  hehehe..

Akhirnya inget juga kalo bahannya mirip sama bahan roti jala.. Yasud jadi deh percobaan pertama bikin roti jala.. Hasilnya lumayan.. Yah tapi karna cuma pakai sendok jadi kadang dibeberapa bagian ada yang sedikit lebih tebal.. Selain itu, karena adonan pancake ku pakai baking powder roti jalanya jadi lebih fluffy, karena adonan roti jala sebenarnya tidak menggunakan baking powder.

Untuk Karinya, kebetulan lagi ga ada stok santan di kulkas, secara pasti selalu ada susu, aku buat deh pake susu, niru resep yang pernah dibuat Farah Quinn di ala chef .. Duh, bumbu nya simple banget, ga perlu pake ngulek!!Farah Quinn pake susu kambing, aku pakai susu sapi.. selain itu dia juga pakai paprika, aku pakai cabe merah dan cabe hijau..

Awalnya sih ragu rasanya bakal kaya apa, tapi ternyata enak loh.. Ga percaya? Cobain sendiri ya ^_*

Resep Roti Jala

Bahan:

125 gram Tepung Terigu

1 butir Telur

200 ml Susu

1 sdm Minyak

1 sdt Garam

Cara Membuat:

1. Campur bahan kering: terigu dan garam.

2. Dalam wadah terpisah, kocok telur, lalu campur dengan susu dan minyak.

3. Buat lubang di tengah bahan kering, lalu tambah bahan basah sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai bahan tercampur rata dan cukup cairnya.

4. Panaskan wajan anti lengket. beri sedikit minyak atau margarin. Masukkan adonan dalam plastik segitiga/ cukup dengan menggunakan sendok buat putaran putaran seperti sarang laba2, lalu buat garis-garis diagonal yang saling berpotongan dan menyambungkan keseluruhan garis. (Duh maaf ya kalau bikin bingung..Pokoknya buat lingkaran lingkaran dulu sebagai bingkainya, lalu garis2 yang saling memotong, tapi usahakan agar saling sambung, seperti sarang laba2 dan tidak putus)

5. Setelah satu sisi berwarna kecoklatan, balik hingga sisi lainnya juga matang. Lipat 2 bagian, lalu lipat tiga, seperti crepes.

Tips: usahakan adonan cair saja, jangan terlalu kental agar memudahkan pada saat membentuk jala. Apabila dirasa masih kental, tambahkan susu/air sampai dirasa cukup cairnya.

Resep Kari Daging

Bahan-bahan:

200 gram Daging Sapi, potong dadu

200 ml Susu Sapi segar

2 sdt Bumbu Kari

2 butir Shallot besar.. aslinya pakai 1/2 Bawang Bombay.. iris halus

2 butir Bawang Putih..iris halus

2 buah Cabe Merah besar

1 buah Cabe Hijau besar

Garam & Merica

1 sdm Sambal Oelek

1 sdm Kecap Manis

Cara Membuat:

1. Tumis bawang hingga harum, lalu masukkan daging, dan masak sampai daging berubah warna di kedua sisinya, masukkan cabe merah dan cabe hijau.

2. Masukkan garam, merica dan bumbu kari. Aduk sampai daging lebih matang.

3. Masukkan susu sapi, lalu tambahkan kecap manis dan samba oelek, aduk terus dan masak sampai daging matang.

Penyajian:

Siapkan kuah kari dan roti jala dalam keadaan panas.

3 comments on “Roti Jala Kari Daging”

  1. aduh gimana ini. tiap aku baca blogmu pasti ujung2nya aku ngiler tak tertahankan, huks2. tapi aku lagi diet..huwaa. dan tetap juga ga masak2. hhh…nunggu yustin balik ke jkt aj deh, belajar masaknya :p (*alesan)

  2. Halo mbak, msh update jg ternyata..
    baru tau ternyata ngebikin roti jala pake piping bag…
    aku slama ini ngebikinnya pake gelas plastik yang dibolongin…
    tiap bikin ngorbanin satu gelas….hehehehe
    thx infonya ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: