Ng-ASI yuuuuk…

By: greenypink

Feb 12 2014

Category: ceriwis

Leave a comment

Tanpa terasa anak saya sudah 19 bulan saja..Oops, sebentar lagi bahkan mau 20 bulan..

Anak pintarku sudah tak bisa diam duduk manis atau diam saja melihat apapun..

Asi saya juga sudah berkurang banyak.. hehe.. Maafkan anakku sayang.. Tapi saya sangat beruntung karena saya dianugerahi produksi ASI sejak putri saya lahir hingga saat ini, karena ga sedikit juga yang mau memberikan ASI, tapi ga bisa produksi.

Yak jadi apa yang mau di share nih???… ya ya ya itu dia si ASI..

Betapa bahagianya saya bisa kasih asi sejak dia lahir.. Dan memang, pemberian ASI ini membutuhkan perjuangan dan kebulatan tekad..*wkwkwk tampak lebay bahasanya*.. hihi.. Tapi itu betul loh.. Ga sedikit, orang-orang dekat saya, yang akhirnya sudah mencampur pemberian ASI nya dengan sufor sejak lahir.. Alasannya apalagi kl bukan si kebulatan tekad tadi..

Bahkan ada 1 oknum yang tak bisa saya sebutkan namanya disini, mungkin paling malas kalau ada telepon atau harus ngobrol, karena bisa2 suaminya minta saya ceramah ASI.. Duh sayang, diriku juga ga akan begitu kalau ga kepaksa karena suamimu minta disemangatin ng-ASI..maaf ya.. Dan memang saya pun memang malas untuk maksa orang ng-ASI tapi orangnya sendiri ga mau, karena I was there.. I know that you are a lazy Mommy J.. Duh, kasar banget ya bahasanya, but that’s the truth..

Lain cerita dengan saudara saya yang lain, dia pun harus mencampur ASI nya dengan sufor, karena sejak awal ASI yang keluar hanya sebelah saja, putting yang satu ga keluar dan katanya ga bisa ngeluarin ASI.. Tapi, lagi-lagi saya ketemu dengan teman, yang hebatnya dengan case yang sama, masih bisa memompa, karena kalau disusukan langsung anaknya ga bisa.. WOW big applause for her.. Jadi terbukti kan perjuangan dan kebulatan tekad itu memang diperlukan J

Yak cerita lainnya, seorang teman yang punya kasus kebalikannya, produksi dia berlebihan.. Disaat yang lain menangis karena ASI susah keluar atau terlalu sedikit, dia selalu menangis karena produksi ASI yang jumlahnya banyak dan PD selalu kembali terisi penuh kurang dari hitungan jam.. Sakit kalau tidak dikeluarkan, tapi juga capek kalau dipaksa harus pompa terus2an..Walhasil, kulkas 4 dan 6 pintu terisi manis..

Saya juga sempat mengalami  sakit itu.. Yak menjelang anak saya operasi, dan dia harus berpuasa makan dan minum, saya juga sudah cape dan tak ada keingingan pompa, saya kena akibatnya sendiri, salah satu PD saya membatu, hiks, sakitnya luar biasa.. perlu 2 hari untuk menghilangkan “batu” dan sakitnya dengan kompres panas dingin..

Saya juga bukan termasuk berlebihan, tetapi cukup untuk kebutuhan anak saya.. Perjuangan juga dimulai sejak awal pemberian ASI.. beruntung saya melahirkan ditempat dimana memberi ASI itu sangat didukung.. lelah iya, tapi ga ada sedikitpun saya bosan pumping, bahkan sampai putri saya 1 tahun, pumping sudah jadi addict buat saya..  Teman-teman sampai tahu betapa cintanya saya dengan itu.. Jawabannya jelas, karena hanya itu yang bisa saya lakukan untuk my princess.. Betapa beruntungnya saya bisa hamil, betapa beruntungnya saya punya putri yang pejuang hebat.. Dan sekarang saya bahkan harus meninggalkannya setengah hari untuk bekerja.. So, apa lagi alasan yang harus dikeluarkan untuk menghalangi saya memberikan ASI? She’s the brave fighter and I have to fight for her.. Aduh pumping setengah jam-1 jam aja ga mau sih, keterlaluan..

Dan sekarang, produksi saya benar-benar drop.. Anak saya sudah mulai suka minum susu, dan mulai berkurang bahkan hampir tidak sama sekali saya pumping di kantor.. Awalnya karena saya sempat melewati minggu-minggu yang berat, tetapi ya itu dia kebulatan tekad saya sepertinya sudah mulai memudar..*hiks toyor diri sendiri*..

Tapi saya juga pernah, suatu hari di ruang pumping, teman-teman 1 angkatan saya sudah tidak ada lagi dan saya harus memompa bersama angkatan baru yang pastinya produksi masih sangat banyak.. Salah satu dari mereka sempat bilang.. “Wah Mba, kamu masih pompa dengan jumlah ASIP yang sangat sedikit hanya beberapa puluh ml saja ya..”.. Jleb.. Hemm.. agak gimana gitu dengernya.. tapi ternyata efeknya, saya jadi semakin malas deh..dan terus dan terus..hihi.. Ayo semangat Mama J

Mari kita beralih ke bahasan lain.. Jadi malu saya ngebahas produksi.. Daaan apakah Manfaat ASI?

Banyaak, yang pasti ASI si Nutrisi terlengkap untuk Anak ini bisa membuat daya tahan tubuh anak lebih tinggi juga bisa membuat anak lebih cerdas.. Hebatnya lagi, ASI bisa otomatis berubah komposisinya sesuai dengan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan bayi. Ajaib bukan??

Asi juga bisa mengurangi kemungkinan alergi dan komposisi gizi ASi juga sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak bayi.. Katanya sih IQ anak akan lebih tinggi dan itu sudah dibuktikan melalui uji klinis..Yang penting juga, ikatan ibu dan anak akan lebih dekat melalui proses menyusui dan bisa lebih mudah menumbuhkan EQ bayi ..

Secara keekonomian, jelas pemberian ASI bisa membantu meringankan beban pengeluaran keluarga dibanding harus memberi susu formula atau UHT..yak saya mengalami sekarang, anak saya sudah mulai suka minum susu formulanya, dia kurang suka minum susu UHT.. dan 5 kaleng bisa dihabiskannya dalam waktu 1 bulan..harganya ya cukup lumayan J

Jadi ga ada alasan lagi kan kalau harus berhenti memberikan ASi hanya karena malas??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: