Nasi Kebuli Kambing

href=”https://greenypink.files.wordpress.com/2014/07/nasi-kebuli-greenypink.jpg”>Sudah beberapa hari maunya makan berkuah terus, nah kali ini pengen yang agak beda..
Yak Nasi kebuli kambing.. hihi..waktu belanja di GL kemarin, aku langsung beli deh si paha kambing.
nasi kebuli kambing greenypink<a
Sebenarnya style cara pembuatan nasi kebuli itu bervariasi, yang biasanya aku makan di sojong, itu penuh dengan rempah tapi warna nasi agak kecoklatan. Yang satu ini aku suka banget, karena aku suka makanan berempah.. Kambingnya empuk dan digoreng sebelum disajikan.
Nah yang kali ini aku masak, menggunakan kunyit, jadi warna nasi kebulinya agak kuning.. tetap berempah tapi tastenya menyurutku agak berbeda dengan yang biasa aku beli.. kambingnya dipanggang bukan digoreng.. Sama-sama disajikan dengan acar timun dan nanas yang rasanya segar 😀

Bahan-bahan:
1 paha kambing
5 butir Cengkeh
2 keping Kayumanis
5 butir Kapulaga
1/2 biji Pala
1 buah Pekak
1 kg Beras
Air secukupnya

Bumbu Halus:
10 Bawang Merah
5 bawang Putih
1 sdm Ketumbar
1 ruas Kunyit
1 sdt Jinten
Garam
Gula

Pelengkap acar nanas
Bawang Goreng

Cara membuat:

1. Rebus daging kambing dengan bahan lainnya hingga empuk.
2. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan daging kambing.
3. Cuci bersih beras, lalu masak dengan air rebusan kambing, masak seperti biasa (saya dengan rice cooker)
4. Penyajian, Panggang daging paha kambing, lalu sajikan dengan nasi kebuli dan taburi dengan bawang merah goreng.
Nikmati dengan acar nanas.

Leave a comment